Senin, 14 Desember 2015

(NS - Soal Studi Kasus 1 - beans.jpg)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera, kepada pengunjung yang senantiasa berkunjung ke blog saya., :)
nah, akhirnya.,. mungkin udah saatnya., saya harus bahas mengenai mengenai Network Security. (Tugasnya mendadak bahas yang pro-network #_# ) dan topik kali ini adalah tentang Steganografi. Kenapa steganografi, yah., karena., dalam ilmu keamanan jaringan, keamanan disini tidak hanya terkait pada bagaimana sebuah koneksi atau transmisi dapat terhubung dengan baik, tetapi juga pada segi keamanan pada data itu tersendiri. apakah aman atau tidak, apakah mengandung sebuah sumber yang berbahaya atau tidak. nah untuk steganografi ini biasanya terjadi pada sebuah gambar, yang digunakan untuk menyimpan atau menyisipkan sebuah pesan rahasia yang tersembunyi, yang jika digunakan dalam ilmu forensik dapat menjadi sebuah bahan bukti,.

Ok, untuk pembahasan stenografi detailnya, saya coba jelaskan berdasarkan hasil dari analisa dari sebuah tugas yang telah diberikan oleh dosen matakuliah Keamanan Jaringan, tepatnya untuk studi kasus 1. dan sebelum ke studi kasus, ada baiknya kita bahas dulu tentang pengertian steganography.

jadi, steganography adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara agar selain pengirim dan penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari ada suatu pesan rahasia.

Tujuan dari steganography adalah merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sbuah pesan tersembunyi atau sebuah informasi. Dalam prakteknya, kebanyakan pesan disembunyikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain yang isinya tidak akan menarik perhatian dari penyerang potensial, sebagai contoh sebuah gambar yang tidak terlihat berbahaya. Perubahan ini bergantung pada kunci (sama pada kriptografi) dan pesan untuk disembunyikan. Orang yang menerima gambar kemudian dapat menyimpulkan informasi terselubung dengan cara mengganti kunci yang benar ke dalam algoritma yang digunakan.

Metode steganography akan sangat berguna jika digunakan pada cara steganography dalam computerkarena banyak format berkas digital yang dapat dijadikan media untuk menyembunyikan pesan. Format yang biasa digunakan diantaranya : format image (bitmap, gif, pcx, jpeg, dll), format audio (wav, voc, mp3, dll), format lain (text file, html, pdf, dll).

Oke, untuk selanjutnya kita akan coba bahas mengenai sebuah studi kasus yang diberikan dosen saya yang sudah saya jelaskan diatas. jadi dari kasus yang diberikan, menyimpan sebuah Chalenge sebagai berikut : 
Lakukanlah analisa pada file case1.rar yang berisi dua buah file. kemudian jawablah challenge dengan melakukan analisa pada file tersebut.
Nah, sebelumnya untuk melakukan latihan dalam analisa, terlebih dahulu download file soal dan file pendukungnya melalui link di bawah ini :
  1. File soal Case01.rar
  2. Wireshark.exe
  3. Quick Steigo.exe
oke,. selanjutnya kita akan coba bahas step by step nya....tapi.....
setelah dicek ulang, ternyata pembahasan yang telah saya buat dalam sebuah dokumen, tidak dapat mencukupi dan tidak lengkap jika saya tulis ulang dalam blog ini. Oleh karena itu, saya mohon maaf., dan untuk hasil pembahasannya akan saya share saja dalam bentuk dokumen, yang dapat kalian unduh melalui link berikut : Jawaban Soal File Case01.pdf.

dan,. kiranya itu saya dulu untuk pembahasan mengenai steganografi.,mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan yang ada dibenak rekan-rekan.,

sekian.,, terimakasih.,.
wassalamu'alaikum Wr, Wb....

(oke., sekarang saya sudah sedikit membahas, lebih jauh dari materi yang berhubungan dengan keamanan jaringan ini, but.,. untuk saat ini., jika rekan-rekan melihat sebuah kesalahan dalam tulisan ini, mohon untuk kritik dan sarannya, karena,. saya juga masih dalam tahap belajar., apalagi ini nih.,. keamanan jaringan.,. ilmu jaringan komputer aja masih awam.,. eh.,. udah masuk matakuliah keamanan jaringan.,.?? #_# heu.,heu.,., *awam story.. :) :D )

0 komentar:

Posting Komentar