Senin, 14 Desember 2015

(coranet.com)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 
salam sejahtera, semoga keselamatan selalu tercurah kepada para pengunjung blog ini.. :)
Dari judulnya, sudah ketebak ya., kita sekarang akan mulai membahas ke bagian topik utama yang dari tulisan pertama kita sudah bicarakan, yaitu tentang Security atau keamanan. 

Sebelumnya, kita kaji dulu, apakah itu keamanan..,? ya., keamanan bisa dibilang juga sebuah perlindungan. bagi siapa.,? nah perlindungan yang akan kita bahas disini ialah dari segi keamanan suatu informasi. Mengingat pentingnya sebuah perlindungan pada suatu informasi sebagai contoh sebuah informasi yang ada pada komputer, maka orang sudah mulai mengembangkan berbagai teknik untuk melindungi komputernya atau informasi-informasi berupa data-data miliknya dari berbagai serangan, seperti dengan adanya teknik enkripsi data, metode otentikasi, proteksi biometri, firewalling dan sebagainya.

Security (keamanan)
Menurut Garfinkel, seorang pakar security, keamanan komputer mencakup empat aspek :
  1. Privacy : aspek privasi berhubungan dengan kerahasiaan informasi. Inti utama dari aspek ini adalah bagaimana menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengaksesnya. Misalnya, sebuah E-mail seorang pemakai, tidak boleh dibaca oleh orang lain, bahkan administrator sekalipun.
  2. Integrity : aspek ini berhubungan dengan keutuhan informasi. Inti utama dari aspek ini adalah bagaimana menjaga informasi agar tidak diubah tanpa izin pemilik informasi.
  3. Authentication : aspek ini berhubungan dengan identitas atau jati diri atau kepemilikan yang sah (hak akses). Sistem harus mengetahui bahawa suatu informasi dibuat atau diakses oleh pemilik yang sah. Misalnya, cara standar yang digunakan untuk hak akses ini yaitu dengan login dan password.
  4. Availability : aspek ini berhubungan dengan ketersediaan informasi.
Selain berbagai macam usaha dalam perlindungan sebuah informasi, terdapat juga macam-macam teknik ataupun cara bagi seseorang yang tidak berwenang untuk dapat mengakses atau mengolah informasi dari seseorang yaitu dengan melalui sebuah serangan.

Serangan 
Serangan terhadap security merupakan bentuk gangguan terhadap keamanan informasi. Menurut W. Stalling, ada beberapa kemungkinan serangan terhadap aspek security, yaitu :
  1. Interruption : Serangan jenis ini ditujukan terhadap ketersediaan (aspek availability) informasi. Sistem dapat dirusak, baik software maupun hardware, sedemikian rupa sehingga informasi tidak dapat diakses lagi.
  2. Interception : Serangan jenis ini ditujukan terhadap aspek privasi dan authentication. Pihak tidak berwenang dapat mengakses informasi.
  3. Modification : Serangan jenis ini ditujukan terhadap aspek privasi, authentication, dan integrity. Pihak tidak berwenang dapat mengakses dan mengubah informasi.
  4. Fabrication : Serangan jenis ini ditujukan terhadap aspek privasi, authentication, dan integrity. Pihak yang tidak berwenang dapat menyisipkan objek palsu ke dalam sistem seperti jaringan komputer.
Nah, kiranya cukup dulu sedikit pembahasan mengenai Keamanan Jaringan. Sebenarnya memang masih banyak sekali pembahasan mengenai topik ini, selain pengetahuan menganai sisi security dan terhadap serangannya. Namun, kita bahas step by step saja yah., biar mengerti ya., kebanyakan materi, bisa-bisa bukannya ngerti, tapi malah bikin frustasi., hehe., :) 

Ok,., cukup sekian untuk hari ini.,.terimakasih..
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

(huft,. pembahasannya mulai memanas ini,., kiranya bobot materinya juga, makin tinggi ya., tapi., kita sambil belajar bersama saja.,. tetap ya., jika ada kesalahan dalam tulisan ini.., kritik dan sarannya saya nanti.,.)

0 komentar:

Posting Komentar