Rabu, 02 Desember 2015

(www.goboomtown.com)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera kepada pengunjung, yang senantiasa berkunjung di blog saya, :)
Untuk tulisan pertama saya mengenai Network Engineer kali ini adalah mengenai perkenalan dengan Jaringan Komputer itu tersendiri. Kenapa saya singgung lagi mengenai ini, tentu saja agar pengunjung yang sama seperti saya, awam di dunia jaringan bisa mengenal dulu sebelum masuk lebih jauh ke dunia tersebut. 

Jadi, kita mulai dengan pengertian, Pengertian dari Jaringan Komputer menurut dari beberapa sumber buku yang saya baca (diantaranya dari buku : Membangun Jaringan Komputer karya Iwan Sofana) yaitu suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer autonomus. Ada juga yang mengatakan kumpulan komputer yang terhubung melalui sebuah media transmisi (perantara) berupa kabel atau nirkabel.

Nah, intinya adalah yang seperti itu. Komputer - Terhubung - Dengan Yang Lain - Melalui Media.

Kemudian, mengenai jenis-jenis dari jaringan tersendiri berdasarkan pola dan fungsinya adalah :
  1. Jaringan Peer to Peer : Jadi sebuah komputer langsung terhubung dengan satu atau lebih komputer. jika banyak biasanya menggunakan media tambahan seperti switch. contoh lebih sederhananya, jika kita menghubungkan laptop melalui media kabel jaringan (UTP) dengan komputer teman kita 1-1 maka itu sudah dapat disebut dengan peer to peer. Untuk tiap komputer yang dihubungkan, dia dapat membagi sumber (server) ke yang lain (client) seperti saat berbagi file, atau resource printer.
  2. Client - Server : Nah, sedangkan untuk jaringan client-server, biasanya sebuah komputer atau beberapa digunakan khusus sebagai server, yang memberikan resourcenya ke komputer lain (client). Untuk contoh dan arahannya, misal kita membuat sebuah web server, dhcp server, file server, print server, database server atau yang lainnya. Untuk jaringan yang ini, jika dalam studi, berkaitan dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK. Selain itu, jika ingin mendalami tentang jaringan Client - Server, kita juga akan dituntut dalam penggunaan beberapa Sistem Operasi, seperti Linux Ubuntu Server / Client, Linux Debian, ClearOS, Red Hat, Windows Server, dan lain-lain.
sebenarnya, masih ada lagi pembagian jaringan, seperti berdasarkan pada medianya yaitu Kabel dan Nirkabel (wireless) ataupun berdasarkan areanya seperti LAN, MAN, dan WAN. 

Nah, kira-kira seperti itulah, jaringan komputer. Mulai dari pengertian dan jenis-jenisnya. Jika kalian ingin lebih tau secara mendalam mengenai jenis-jenis ini, sudah banyak kok penjelasan lainnya juga di website lain, atau dari referensi buku. Sekiranya, dari tulisan saya ini, kita flashback atau me-review saja, gimana sih jaringan itu, pengertian dan jenisnya.

Ok, saya kira, itu saja dulu pembahasan untuk materi pertama, ngga perlu panjang-panjang., yang penting kita tahu inti atau topik yang coba saya jelaskan kali ini.

sekian, terimakasih..
Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ...

(Materi dasar inih,. ngga apa-apa ya., oia, jika ada kesalahan, jangan sungkan berkomentar, dan kritik beserta sarannya.. samapai jumpa...)

0 komentar:

Posting Komentar